All Products
Change the World

Change the World

7-day money-back guarantee

7-day money-back guarantee

Flexible warranties

Flexible warranties

Free shipping on all products

Free shipping on all products

what jagoans say about us

Tes Kelayakan Samsung Galaxy Note 20 Ultra di Maret 2024

Samsung Galaxy Note 20 Ultra adalah seri Note terakhir dari Samsung sebelum semua jajarannya diganti menjadi Seri Galaxy S-Ultra. Samsung Note 20 Ultra sendiri hadir di pasar ponsel pintar Indonesia pada Agustus 2020 dengan harga fantastis di 19 jutaan untuk versi paling tinggi.

Ponsel flagship pemegang takhta ponsel paling canggih keluaran Samsung di 2020 ini memiliki segudang teknologi yang mampu mempermudah urusan produktivitas sekaligus mampu memuaskan sektor hiburan kamu, kemudian dengan ciri khas nya yang menyematkan S-Pen yang memiliki berbagai fitur unik.

Namun, apakah ponsel yang sudah berumur sekitar 4 tahun ini masih mumpuni untuk kamu andalkan di tahun 2024? Apakah performanya masih mampu mengangkat tugas berat dengan lancar? Kemudian apakah daya baterainya masih bisa menemani kamu seharian?

Untuk itu yuk kita simak tes kelayakan Samsung Galaxy Note 20 Ultra di Maret 2024 berikut ini.

Performa

Samsung Galaxy Note 20 Ultra dibekali SoC Exynos 990 (7nm+) untuk pasar Indonesia, sementara itu untuk pasar Amerika ponsel ini dibekali SoC Snapdragon 865+.

SoC nya sendiri memiliki 8 inti prosesor (octa-core) yang terdiri dari 2 inti Mongoose M5 (2.73 GHz) dan 2 inti Cortex-A76 (2.50 GHz), kemudian ada 4 inti Cortex-A55 (2.0 GHz). Kemudian GPU nya didukung Mali G77 MP11 untuk mempermulus kemampuan proses render grafis nya.

Sementara itu memori yang disematkan untuk Samsung Note 20 Ultra tergolong besar dengan beberapa pilihan RAM 8 GB dan 12 GB. Disamping itu untuk pilihan penyimpanan nya, ada pilihan 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Penyimpanannya sendiri menganut teknologi UFS 3.0 yang memiliki kecepatan read/write data yang bisa diandalkan.

Dalam pengetesan benchmark sintetis yang dilakukan GSMArena, ponsel ini meraih skor 508.760di AnTuTu v8. Untuk pengetesan daya kerja prosesornya, ponsel ini meraih skor 880 untuk single-core nya dan 2603 untuk multi-core nya saat menggunakan aplikasi GeekBench 5.1.

Saat pengetesan langsung untuk memainkan game Fortnite Mobile di tahun 2024 oleh kanal Youtube Simple Alpaca, ponsel ini masih mampu menyuguhkan performa yang baik. Saat menjalankan game nya, ponsel ini masih menawarkan kecepatan yang stabil dan menyuguhkan visual yang ciamik ala Samsung Note.

Namun, satu hal yang disayangkan adalah dihentikannya pembaruan keamanan dan sistem operasi Android pada Samsung Note 20 Ultra. Ponsel ini hanya bisa mendapat pembaruan sampai sistem operasi Android 13 dengan home bawaan One UI 5.

Untuk kamu yang berfokus mendapat ponsel dengan performa bagus dan tidak mempermasalahkan hal ini sih sepertinya tidak akan berpengaruh banyak ya. Namun jika kamu mengedepankan pengamanan tingkat tinggi, kamu mungkin akan berpikir ulang untuk beli Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

Terlepas dari hal pembaruan, untuk masalah performa, Samsung Note 20 Ultra masih sangat layak digunakan di tahun 2024. Ponsel ini masih bisa mengangkat game berat dengan sangat mulus dan memiliki display dengan visual yang sangat memukau.

Kamera

Dengan menyematkan kamera utama berkekuatan 108MP, Samsung Galaxy Note 20 Ultra seolah menunjukkan perbedaan kelas yang begitu jauh dengan pendahulunya, Samsung Galaxy Note 10+ yang hanya menghadirkan kamera utama dengan resolusi 12MP.

Kamera utama 108MP nya sendiri mengandalkan sensor Nonacell sebesar 1/1.33 inchi dengan aperture f/1.8 dengan focal length 26 mm dan menghasilkan pixel sebesar 0,8µm. Kemudian kamera utamanya juga didukung fitur PDAF, Laser AF, dan sudah dibekali OIS.

Secara default kamera utamanya hanya mampu mengeluarkan kualitas foto setara dengan 12 MP dengan menghasilkan pixel sebesar 0.8µm, namun dengan kemampuan nonabinning, sebuah pixel itu mampu digabung sebanyak 9 kali sehingga menciptakan pixel seukuran 2.4µm sehingga terciptalah foto dengan ukuran 108MP.

Kemudian ponsel ini juga memiliki kamera periscope telephoto 12 MP (f/3.0) dengan focal length 120mm dan menghasilkan pixel 1.0µm. Ponsel ini juga memiliki kemampuan PDAF, OIS, dan 5x optical zoom, serta 50x hybrid zoom. Lalu kamera belakangnya dilengkapi lensa ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan field of view 120˚ dan focal length 13mm.

Sementara itu kamera selfie Galaxy Note 20 Ultra ditenagai kamera dengan resolusi 10 MP (f/2.2) dengan focal length 26mm dan memiliki fitur dual pixel PDAF.

Kemampuan merekam kamera utamanya bisa menghasilkan video dengan kualitas 8K di 24fps, 4K di 30/60fps, 1080p di 30/60/240fps, atau 720p di 960fps dan sudah didukung HDR10+, perekaman dengan suara stereo, gyro-EIS, dan OIS. Untuk kamera depannya, mampu menghasilkan video dengan kualitas 4K di 30/60fps atau 1080p di 30fps.

Untuk melihat hasilnya, berikut beberapa contoh hasil jepretan kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

Dari contoh gambar yang disuguhkan di atas, bisa disimpulkan bahwa kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra memiliki kualitas yang masih mumpuni di tahun 2024. Gambar yang dihasilkan memiliki detail yang baik, kontras yang baik dan memiliki dynamic range yang cukup tinggi. Pemakaian saat cahaya minim juga menghasilkan kualitas gambar yang baik ala Samsung.

Baterai

Baterai Samsung Galaxy Note 20 Ultra dibekali dengan kapasitas 4500 mAh. Dengan kapasitas yang tergolong kecil di era ponsel pintar zaman sekarang ini, apakah ponsel ini mampu bertahan seharian? Apalagi ponsel ini dibekali layar immersive dengan refresh rate tinggi di 120 Hz yang memungkinkan akan membuat boncos jika dipakai berlebihan.

Kanal Youtube Matthews Tech mencoba menggunakan kembali Samsung Galaxy Note 20 Ultra baru-baru ini dan menemukan bahwa performa baterainya masih bisa diandalkan. Ponsel ini masih bisa menjalankan game sekitar 6 jam. Kemudian jika kamu menggunakannya dengan wajar dan sesekali memainkan game, ponsel ini mampu bertahan seharian dengan menyisakan beberapa persen di malam hari.

Sementara itu untuk pengisian dayanya, ponsel ini masih dibekali adaptor fast charging 25W. Dengan daya yang tergolong kecil ini, Samsung Note 20 Ultra mampu mengisi daya sebanyak 57% dalam 30 menit dan mampu mengisi daya secara penuh dari 0% selama 1 jam 13 menit.

Yah, walaupun masih mengandalkan adaptor charger 25W, ponsel ini nyatanya masih bisa bertahan selama seharian untuk menemani produktivitas kamu, Jagoans.

Konektivitas

Ponsel kelas flagship sudah dipastikan memiliki konektivitas yang lengkap. Ponsel ini sudah dilengkapi dengan NFC yang sangat berguna untuk kamu yang sering bepergian menggunakan kendaraan umum di kota besar. Lalu ponsel ini juga sudah didukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, dan Wi-Fi Direct untuk kebutuhan koneksi internet yang lebih kencang.

Konektivitas lainnya yang mendukung kelengkapan ponsel ini adalah Bluetooth 5.0, A2DP, LE, dan support aptX. Untuk kebutuhan presisi lokasi ponsel ini dilengkapi GPS, GLONASS, BDS, GALILEO untuk memproyeksikan lokasi dengan akurat.

Selain itu, Samsung Galaxy Note 20 Ultra juga memiliki fitur exclusive Samsung Wireless DeX yang mampu mengubah ponsel ini bak desktop untuk memaksimalkan produktivitas kamu dengan layar yang lebih besar.

Kemudian ada dukungan fitur Ultra Wideband (UWB) yang bisa menghubungkan HP kamu dengan beberapa perangkat aksesoris sehingga bisa melacaknya secara real-time menggunakan sensor bak radar.

Beberapa fitur konektivitas sekaligus sensor yang ditawarkan Samsung Note 20 Ultra memang sangat lengkap dan sangat berguna di tahun 2024 ini.

Cek Samsung Galaxy Note 20 Ultra di Jagofon!

Untuk Jagoans yang memiliki produktivitas yang tinggi, Samsung Note 20 Ultra memang sangat cocok untuk mendukung kegiatan kamu. Dengan fitur S-Pen dan Samsung DeX, kamu akan dimudahkan dalam hal produktivitas.

Walau sudah terpaut 4 tahu, ponsel ini masih mampu mendukung kegiatan kamu dan sektor hiburan kamu loh! Jika kamu sudah memiliki angan-angan menjadikan ponsel ini sebagai daily-driver kamu, kamu bisa langsung cek Jagofon dan mewujudkan impian kamu!

Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!